Jumat, 11 Maret 2016

Multazan

💎🚪MULTAZAM🕋

🚪Dengan mendhammahkan huruf mim dan memfathahkan huruf az-zay. Ia terletak antara pintu Ka'bah dan Hajar Aswad. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Ibnu Abbas رضي الله عنه, "Ini multazam antara Rukun (Hajar Aswad) dan pintu Ka'bah."(1)  Dikenal juga dengan nama al-mud'a (tempat untuk berdoa) dan al-muta'awwudz (tempat meminta perlindungan).(2)

🔦Imam Nawawi رحمه الله mengatakan, "Diriwayatkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم berta'awudz di antara Rukun (hajar aswad) dan pintu. Beliau menempelkan dada, wajah, lengan, dan kedua tangannya serta membuka keduanya dengan lebar." Hadits ini diriwayatkan dengan dua jalur yang dhaif (lemah).(3) Diantara yang diriwayatkan melakukan itu juga adalah Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu.(4)

🎙Ibnu Taimiyyah رحمه الله berkata, "Jika ia ingin mendatangi Multazam yang terletak antara Hajar Aswad dan pintu, maka ia bisa menempelkan dada, wajah, kedua lengan dan tangannya kemudian berdoa, memohon kepada Allah سبحانه وتعالى keperluannya. Ia bisa melakukannya sebelum thawaf wada', karena Multazam ini tidak ada bedanya baik ketika wada' atau yang lainnya. Para sahabat رضي الله عنهم dahulu melakukan itu ketika mereka memasuki Makkah.(5)

📒Sumber terjemah Ta'dhim al-Amakin fi Makkah al-Mukarramah baina al-Masyru' wal Mamnu'

📝Catatan kaki

(1)HR Abdur-Razak dalam al-Mushannaf :5/76, dan sanadnya shahih, al-Faqihi dalam Akhbar Makkah :1/160

(2) Syifa' al-Gharam : 1/262

(3) Al-Majmu' : 8/259-260

(4) Lihat atsar-atsar dalam masalah itu di al-Mushannaf Abdurrazak : 5/73-76, al-Mushannaf, Ibnu Abi Syaibah : 3/236-237, Silsilah al-Hadits as-Shahihah:2137

(5) Majmu' al-Fatawa : 26/142

💻http://akhawaatfillahpurwokerto.blogspot.com
📱@akhawaatfillahpurwokerto
🍄Akhawaat Fillah Purwokerto🍄

Tidak ada komentar:

Posting Komentar