Sabtu, 07 November 2015

Hukum Shalat Untuk Orang Yang Sudah Meninggal

🌱  HUKUM SHALAT UNTUK ORANG YANG SUDAH MENINGGAL 🌱

Asy-Syaikh al-'Allamah Abdul Aziz bin Baz رحمه الله

Pertanyaan: "Sejak ibuku meninggal, aku shalat untuknya dua rakaat. Apakah amalanku ini sah ataukah tidak?"

Asy-Syaikh Bin Baz رحمه الله menjawab, "Amalanmu itu tidak sah. Yang disyariatkan hanya mendoakan kebaikan baginya, mendoakan rahmat Allah, sedekah atas namanya, berhaji atau umrah untuknya. Semua ini disyariatkan dan bermanfaat baginya.

♦ Adapun shalat untuknya, tidak ada dasar hukumnya di dalam syariat bagi perbuatan ini. Karena kita tidak disyariatkan untuk shalat bagi orang yang sudah meninggal. Namun haji tidak mengapa. Demikian pula umrah, sedekah, tidak mengapa. Semua ini disyariatkan. Demikian pula doa, memohonkan rahmat baginya.

▫ Sebagaimana Nabi shallallahu alaihiwasallam bersabda,

إذا مات ابن آدم انقطع عنه عمله إلا من ثلاثة إلا من صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له

"Ketika anak Adam mati terputuslah amalannya, kecuali tiga, sedekah jariyah, ilmu yang memberikan manfaat bagi manusia, atau anak shalih yang mendoakan kebaikan untuknya."

Beliau tidak mengatakan 'anak shalih yang shalat untuknya' namun beliau mengatakan 'mendoakan kebaikan untuknya'.

Jadi hendaknya engkau mendoakan kebaikan untuk ibumu, memohonkan ampunan, memintakan rahmah dan kedudukan  yang tinggi di jannah, demikian pula ampunan dari dosa-dosanya. Engkau bisa bersedekah untuknya dengan yang Allah mudahkan bagimu berupa makanan atau uang atau pakaian, kepada orang-orang yang fakir dan membutuhkan. Semua ini baik."

Majmu Fatawa wa Rasail asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz Jilid 11
🔅🍃〰〰〰〰〰〰〰〰〰🍃🔅

https://telegram.me/majalahqonitah

حكم الصلاة للميت
الشيخ العلامة عبد العزيز بن باز رحمه الله

السؤال: منذ أن توفيت والدتي وأنا أصلي لها ركعتين. فهل عملي هذا يصح أم لا؟
الإجابة: ليس بصحيح، وإنما المشروع الدعاء لها والترحم عليها والصدقة عنها أو الحج عنها أو العمرة. وكل هذا مشروع ونافع لها.
أما الصلاة لها، فلا أصل لذلك لأنه لم يشرع لنا أن نصلي عن الأموات، ولكن الحج لا بأس به وكذا العمرة لا بأس بها، والصدقة. كل هذا مشروع وهكذا الدعاء والترحم عليها كما قال النبي صلى الله عليه وسلم: "إذا مات الإنسان انقطع عمله إلا من ثلاثة إلا من صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له"، فلم يقل يصلي له بل يدعو له.
فتدعو لوالدتك وتستغفر لها وتسأل لها الرحمة والمنزلة العالية في الجنة وغفران الذنوب وتتصدق عنها بما يسر الله من الطعام أو من النقود أو من الملابس على الفقراء والمحاويج كل هذا طيب.

ــــــــــــــــــــــــــــــــــــــــ

مجموع فتاوى و رسائل الشيخ عبدالعزيز بن عبدالله بن باز - المجلد الحادي عشر.

〰〰〰〰〰〰〰〰〰
Repost :
🍄Akhawaat Fillah Purwokerto🍄
http://akhawaatfillahpurwokerto.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar