Jumat, 19 Februari 2016

Percetakan al-Qur'an Terbesar

🖨📚PERCETAKAN AL-QUR'AN TERBESAR DI DUNIA🇸🇦🌍

🍥Alhamdulillah akhirnya kami bisa mengunjungi percetakan al-Qur'an di al-Madinah. Karena biasanya kami bisa pergi kalau pas hari Jum'at dan Sabtu, sedangkan percetakan pada hari tersebut tutup.

📥Majma' Malik Fahd Li Thiba'ah al-Mushaf asy-Syarif  adalah percetakan al-Qur'an terbesar di dunia. Percetakan ini terletak di jalan menuju Kota Tabuk, sekitar 10 Km dari al-Madinah. Kompleks Percetakan al-Qur'an ini sudah berdiri sejak tahun 1405 H (1984 M) di tanah seluas 25 hektar.

🏡Di dalam komplek percetakan yang sangat luas ini, terdapat juga juga sejumlah fasilitas lainnya seperti bangunan kantor utama, rumah sakit, gudang, kantin, rumah tinggal karyawan, toko, dan masjid.

🏠Di dalam gedung percetakan terdapat mesin cetak berukuran besar dalam jumlah banyak, serta mesin pemotong kertas. Di lantai dasar, terdapat lembaran bakal al-Qur'an yang sudah dicetak, tapi belum dipotong dengan ketinggian mencapai tiga hingga empat meter.

📚Pusat Percetakan Mushaf Al Quran Raja Fahd memproduksi rata-rata 30 juta eksemplar Al-Qur’an setiap tahunnya. Mendistribusikannya ke berbagai negara di seluruh penjuru dunia. Selain itu juga mencetak lebih dari 160 terjemahan berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia sejumlah 193 juta eksemplar dengan menggunakan teknik percetakan yang paling modern dengan kecepatan cetak 10 ribu lembar per jam. dan memiliki mesin cetak film berkecepatan cetak 60 ribu lembar per jam, 60 mesin penjilidan lengkap dengan teknologi elektronik yang bisa mendeteksi kesalahan cetak.

📜Proses produksi di Pusat Percetakan Mushaf al-Qur'an Raja Fahd dilakukan dengan sangat teliti. 

1⃣Dikerjakan oleh lembaga khusus yang memiliki keahlian dalam tajwid, qiraat, dan rasm dalam satu lembaga yang beranggotakan para ulama. 

2⃣Diedit bagian demi bagian.

 3⃣Diteliti dengan jeli. Bahkan, cetakan dalam lembar besar ini dibawa ke sejumlah ulama besar untuk diteliti tiap hurufnya dengan kaca pembesar. Di bagian pengeditan, ada 600 tenaga pengedit.

4⃣Setelah dinyatakan tidak ada kesalahan sedikitpun, baru kemudian masuk proses pencetakan. 

5⃣Hasil cetakan diteliti lagi sebelum masuk proses penjilidan.

💿📼Dalam perkembangannya kemudian, percetakan ini juga melakukan diversifikasi produk berupa kaset al-Qur'an serta kepingan CD.

👞Jamaah laki-laki bisa langsung masuk ke areal percetakan, sedangkan jamaah perempuan hanya boleh masuk ke showroom yang menjual al-Qur'an di bagian depan percetakan. Di showroom dipamerkan beberapa jenis al- Qur'an, antara lain edisi lux seharga 200 Riyal (Rp 700.000).

📒🛍Bagi setiap pengunjung yang ke sana akan  memperoleh sebuah mushaf (kitab) al-Qur'an secara gratis. Anda juga dapat mengajukan permohonan untuk memperoleh al-Qur'an itu secara gratis dengan syarat untuk diwakafkan ke masjid.

📜Ajukan surat permohonan dalam bahasa Arab, dilengkapi dengan stempel resmi masjid yang akan menerima, dikirim ke kantor di Masjid Nabawi pintu 18 dengan alamat PO Box 6262 Al Madinah Al Munawarrah, Kerajaan Saudi Arabia. Bila disetujui, pemohon akan mendapatkan dua dus berisi 50 Al Quran.

⏰Percetakan ini dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 hingga pukul 12.00 waktu Makkah,  kecuali pada hari libur Arab Saudi yakni Jumat dan Sabtu. Jangan lupa mampir saat mengunjungi Madinah.

📡Dirangkum dari berbagai sumber.

✏️Dirangkum oleh Admin Akhawaat Fillah Purwokerto, Makkah al-Mukarramah 7 Jumadil Ula 1437 H

💻http://akhawaatfillahpurwokerto.blogspot.com
📱bit.ly/akhawaatfillahpurwokerto

🍄Akhawaat Fillah Purwokerto🍄

Tidak ada komentar:

Posting Komentar