Kamis, 29 Oktober 2015

Tajwid Pelajaran Ke-2

🍂🌷PELAJARAN KEDUA🌷🍂

🌂SIAPAKAH ORANG YANG PALING SEMANGAT DALAM MEMPELAJARI QIRA'ATUL-QUR'AN DAN MENGAJARKANNYA❓

☝🏻Rasulullah Shallalahu'alaihi Wa Sallam adalah orang yang paling bersemangat untuk menguasai al-Qur'an, sampai-sampai beliau tergesa-gesa ingin cepat menguasai al-Qur'an ketika Jibril 'Alaihissalam menalqinnya.

📚Maka Allah-pun menegur beliau dengan firman-Nya surat al- Qiyamah:16-17

لَا تُحَرِّك بِهِ لِسَانَكُ لِتَعجَلَ بِهِ.إِنَّ عَلَينَا جَمْعََهُ وَ قُرْآنَهُ.

"Janganlah engkau "wahai Muhammad" menggerakkan lidahmu untuk membaca al-Qur'an karena ingin cepat menguasainya. Sesungguhnya atas tanggungan Kami untuk mengumpulkan al-Qur'an di dadamu dan membuatmu pandai membacanya".

👍🏿Ini menunjukan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم adalah orang  yang paling bersemangat untuk menguasai qira'atul-Qur'an.

🌸Rasulullah صلى الله عليه وسلم  juga sangat bersemangat dalam mengajarkan qira'atul-Qur'an. Beliau telah mengajari bacaan al-Qur'an kepada para sahabatnya dengan sifat yang sama seperti yang beliau dapat dari Jibril dan beliau juga telah menyemangati para sahabatnya untuk mempelajari qira'atul-Qur'an. Sebagaimana dalam hadist dari sahabat Zaid bin Tsabit رضي الله عنه:

انَّهُ قاَلَ:إِنَّ اللهَ يُحِبُّ أنْ يُقْرَأَ

الْقُرآن غََظاً كَمَا أُنْزِلَ

"Sungguh Rasulullah صلى الله عليه وسلم telah bersabda: Sesungguhnya Allah mencintai al-qur'an ini dibaca dengan tabiat sebagaimana ketika diturunkan."

Hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dan dishahihkan oleh beliau.
    
🌹Diantara bukti semangatnya Rasulullah Shalallahu'alaihi Wa Sallam dalam mengajarkan al-Qur'an adalah beliau telah mengajari sekelompok sahabat secara khusus agar mereka menjadi orang-orang yg mutqin dan menjadi orang yg paling tahu (paling 'alim) tentang qira'atul-Quran (tajwid).

🌵Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengkhususkan mereka dengan cara menambah perhatian terhadap bacaan mereka dan menambah ta'lim-ta'lim kepada mereka.

🌿Diantara mereka adalah :

1⃣Ubai bin Ka'ab  
2⃣'Abdullah bin Mas'ud
3⃣ Zaid bin Tsaabit
4⃣ Abu Musa al'Asy'ari
5⃣ 'Utsman bin 'Affan
6⃣ 'Ali bin Abi Thalib
7⃣ Abu Darda'
8⃣ Mu'adz bin Jabal
Dan lain-lain.

🌻Dan Rasulullah صلى الله عليه وسلم tidak cuma mengajari para sahabat qira'atul-Qur'an bahkan beliau juga menjaga bacaan para sahabat dengan cara menyimak bacaan mereka dan terkadang dengan mentalqin mereka. Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa beliau meminta kepada Ibnu Mas'ud untuk membaca al-Qur'an, maka Ibnu mas'ud pun membaca surat An Nisaa' : 14

وَ كيف إذا جئنا من كل أمة بشهيد و جئنا بك علي هؤلاء شهيدا....

Kemudian beliau bersabda : " cukup", maka Ibnu Mas'ud pun menoleh kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلمdan dia melihat mata Rasulullahصلى الله عليه وسلم berlinang.

💐Dan beliau juga sudah memerintahkan kepada manusia ( para sahabat yang lain ) untuk belajar qira'atul-Qur'an. Beliau bersabda :

خُذُوا القرآنَ مِن أرْبَعَةٍ : مِن عبدُ اللهِ بِنْ مَسْعُودٍ وَ سالِم.وَمُعَاد وَأبَيْ بِنْ كَعْبٍ

"Ambillah oleh kalian al-Qur'an itu dari empat orang : Abdullah bin Mas'ud, Salim, Mu'adz, dan Ubai bin ka'ab."

✅Demikianlah semua menunjukkan bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم adalah orang yang paling bersemangat mempelajari dan mengajarkan bacaan al-Qur'an yang sesuai dengan tajwid. الحمد لله

Selesai pelajaran kedua.

📩 Sumber dari kitab Qawa'idut-Tajwid.

✒ Ditulis oleh Ummu 'Abdirrahman Istiqamah حفظها الله.

〰〰💐🍂💐〰〰💐🍂
🍄Akhawaat Fillah Purwokerto🍄

Tidak ada komentar:

Posting Komentar