Kamis, 29 Oktober 2015

Faidah Umum

🌂🏡🌂🏡🌂🏡🌂🏡🌂🏡

Laporan Dauroh "Al Imam Muhammad bin Abdul Wahab" ke 15 di Kuday,Mekkah Al Mukarromah
16-25 Sya'ban 1436 H//3-12 Juni 2015 H
〰〰〰〰〰〰〰〰

📈Tidak seperti tahun sebelumnya,dauroh tahun ini peserta akhowat(wanita) lebih banyak alhamdulillah.Tahun sebelumnya(dauroh ke 14) yang datang cuma sekitar 15 orang.Ana(saya) heran ternyata jumlah salafiyyat di Mekkah cuma sedikit tidak seperti yang kubayangkan.Atau mungkin mereka pada mendengarkan via radio streaming miraath.Wallahua'lam...

🍂Yah memang dimana-mana jumlah salafiyyin dan salafiyyat itu sedikit cuma minoritas saja.

Allah تعالى berfirman:
"Maka mengapa tidak ada dari umat-umat yang sebelum kalian orang-orang yang mempunyai keutamaan yang melarang dari(mengerjakan)kerusakan di muka bumi,kecuali sebagian kecil di antara orang-orang yang telah Kami selamatkan di antara mereka."(Hud:116)

Sabda Rasulullah صلى الله عليه وسلم:
بدأ الإسلام غريبا وسيعود كما بدأ غريبا, فطوبى للغرباء. قيل: يارسول الله, ومن الغرباء؟ قال: الذين يصلحون إذافسد الناس

"Islam berawal dengan keasingan dan akan kembali asing sebagaimana mulanya,maka beruntunglah Al-Ghuraba'."Ditanyakan kepada beliau,"Wahai Rasulullah,siapakah Al-Ghuroba'?"Beliau menjawab,"Orang-orang yang melakukan perbaikan saat manusia rusak."(HR.Ahmad)

👍Merekalah Al-Ghuroba' yang terpuji.Karena sangat sedikitnya jumlah mereka di tengah masyarakat,disebutlah mereka dengan Ghuraba'(orang-orang yang asing).

🌷Dan baru kali ini juga ana bertemu dengan ummahat Indonesia dalam majelis ilmu yang penuh barokah insya Allah.Beliau adalah istri Al Ustadz Abul Harits Temanggung(yang sedang belajar di salah satu ma'had di Madinah).Betapa hati ini senang sekali bisa bertemu saudara semanhaj di negri asing...subhaanallah

🌹Di dauroh ini juga hadir ummahat India yang sudah kukenal pada ta'lim rutin di Awali.Berdasarkan cerita beliau sedikit orang India yang muslim, terlebih lagi yang bermanhaj salaf lebih sedikit tentunya.Semoga Allah selalu menjaga saudaraku ini untuk istiqomah.

🌻Di dauroh ini juga ana berkenalan dengan ummahat Aljazair,yang baru pertama kali datang ke Mekkah.Kalau salafiyyin dari Aljazair memang banyak walhamdulillah.

🏡Memang Saudi negri perantauan banyak orang luar yang datang ke sini,sekedar hanya berkunjung atau tinggal disini.Baik kulit hitam atau putih berkumpul di negri ini.Entah untuk tholabul ilmi,haji,umroh,atau kerja.

✅Memang berbeda antara orang yang berilmu dan tidak berilmu.Setelah sesi pertama selesai,kami sholat maghrib berjamaah.Kami saling merapatkan shof sholat dengan cara merapatkan kaki.Tidak seperti yang biasa ana jumpai ketika sholat jamaah pada kurang perhatian dalam merapatkan shof.

Firman Allah:
قل هل يستوي الذين يعلمون و
الذين لا يعلمون
"Katakanlah apakah sama orang yang berilmu dan orang yang tidak berilmu?"
(Az-Zumar:9)

👚Begitu pula dengan cara berpakaian rata-rata peserta dauroh pada pake abaya yang langsung menjulur dari kepala sampai bawah plus purdah dan kaos tangan.Berbeda dengan kebanyakan wanita yang ana jumpai disini,mereka memakai jubah hitam tapi kadang ada hiasan sampai bawah,jilbab agak kecil,cadarnya dari kain jilbabnya yang dililit ke muka.Yah mungkin mereka masih berpandngan bahwa cadar itu budaya arab bukan ajaran Islam.

Dauroh tahun ini diisi oleh ulama-ulama kibar yaitu:
1⃣Asy-Syaikh Muhammad bin Hadi Al Madkholy حفظه الله(Madinah)
2⃣Asy-Syaikh Ali Al Hadadi حفظه الله(Ryadh)
3⃣Asy-Syaikh Abdulloh Al Bukhori حفظه الله(Madinah)
4⃣Asy-Syaikh Muhammad Umar Bazmul حفظه الله(Mekkah)

🍭Meskipun ana tidak semua paham per kalimat yang diucapkan oleh para syaikh,tapi setidaknya ada faedah yang bisa diambil dari setiap dars(pelajaran).Hal ini mendorong ana pribadi untuk terus belajar bahasa arab.Karena bahasa arab sebagai perantara untuk mempelajari ilmu dien(agama) yang lain.

📚Di akhir pelajaran panitia membagikan kitab gratis.Memang di Saudi sudah hal yang biasa kalau ada ta'lim ada pembagian kitab.Semoga Allah membalas kebaikan kepada pemerintah Saudi dan muhsinin yang telah memberikan kitab tersebut.

💐Yaa Allah semoga tahun depan kami masih diberi kesempatan untuk mengikuti dauroh ini dalam keadaan yang lebih baik.Aamiin ya mujibas saailin...

📝 Ditulis oleh: Ummu Fathii,Rusyaifah,Makkah Al Mukaramah
26 Sya'ban 1436 H//13 Juni 2015 M

〰〰〰〰〰〰〰〰
🍄Akhawaat Fillah Purwokerto🍄

Tidak ada komentar:

Posting Komentar