Kamis, 29 Oktober 2015

Tajwid Pelajaran Ke-1

🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃🌸🍃

PELAJARAN PERTAMA
SEKILAS PANDANG TENTANG ILMU TAJWID

☝🏻Sungguh Allah 'Azza Wa Jalla telah diibadahi oleh hamba-Nya dengan bacaan al-Qur'an yang agung ini.Dan Allah telah menjanjikan kepada para hamba-Nya atas bacaan al-Qur'an tersebut dengan pahala yang banyak. Allah menjanjikan satu huruf dengan sepuluh kebaikan.

🍂Sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Ibnu Mas'ud semoga Allah meridhainya berkata :

  قَالَ رَسُولُ اللهِ
مَنْ قَرَأَحَرْفًامِنْ كِتَابِ الله فَلَهُ حَسَنَةٌ،وَ الْحَسَنَةَبِعَشْر ِأَمْثَالِهاَ لَاأقُوْلُ:الٓم حَرْفٌ، وَ لَكِنْ ألف حرف، ولَامٌ حرف،و ميم حَرْفٌ
رواه الترميذ

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka baginya satu kebaikan dan ditambah sepuluh kebaikan yang semisalnya, tidaklah aku katakan alif lam mim satu huruf akan tetapi,alif itu satu huruf ,lam satu huruf san mum satu huruf."

Hadist riwayat Imam Tirmidzi dengan sanad shahih( lihat Riyadhus-Shalihin Bab Fadhlu Qira'atil Qur'an).

🌷Dan Allah Ta'ala juga telah memerintahkan kita untuk memikirkan dan memahami makna- maknanya, supaya ketika sampai kepada maksud dan tujuan membaca al-Qur'an yaitu mewujudkan prinsip- prinsip yang ada di dalam al-Qur'an dan melaksankan hukum- hukumnya.
    
🍁Dalam masalah qira'ah( membaca al-Qur'an ) Allah Ta'ala telah mensyariatkan( memberi aturan ) cara membaca Al-Qur'an dengan SIFAT YANG SUDAH DITENTUKAN. Yang bacaan ini telah Allah sampaikan ke Jibril dan Jibril telah menalqin Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam secara langsung pula.
     
📚 Dan membaca al-Qur'an dengan SIFAT YANG SUDAH DITENTUKAN inilah yang sekarang diistilahkan membaca al-Qur'an dengan tajwid.

📍Adapun perintah Allah untuk membaca al-Qur'an dengan tajwid antara lain dalam surat al-Muzammil: 4

وَرَتَّلَ الْقُرْآنَ تَرْتِيْلًا

"Dan bacalah olehmu al-Qur'an itu dengan tartil."

💬Berkata 'Ali bin Abi Thalib رضي الله عنه:

ترتيلا هو تَجْوِيْدُ الْحُرُوْفِ و

مَعْرِفَةُ الْوُقُوفِ

👉🏾Tartil adalah mentajwidkan huruf-huruf dan mengetahui tempat-tempat berhentinya bacaan.

📖 Membaca Al- Qur'an dengan tajwid ini meliputi juga dialeknya yaitu dengan dialek orang 'Arab yang fashih dan juga cara pengucapan huruf-hurufnya yaitu sesuai cara pengucapan orang 'Arab.( akan dibahas di bab makharijul huruf).

       الحمد لله 

Selesai pelajaran pertama.

والله اعلم بالصواب.

📩 Sumber dari kitab Qawa'idut-Tajwid.

✒ Ditulis oleh Ummu 'Abdirrahman Istiqamah حفظها الله.

〰〰〰🍁🌻🍁〰〰〰
🍄Akhawaat Fillah Purwokerto🍄

Tidak ada komentar:

Posting Komentar