Kamis, 28 Januari 2016

Jabal Uhud

⛰🛤JABAL UHUD🗻🌈

🏔Jabal Uhud mempunyai banyak bukit, letaknya di dalam batas tanah al-Madinah sebelah utara yang membentang dari timur hingga barat. Kini telah dibuka Jl.Malik Fahd ibn Abdul Aziz dari Masjid  Nabawi menuju Jabal Uhud dan makam syuhada Uhud.

🌄Berbicara tentang Jabal Uhud, mengingatkan kita akan perang Uhud di jaman Nabi صلى الله عليه وسلم. Setelah kemenangan kaum muslimin dalam perang Badar, kaum musyrikin sepakat mengadakan serangan balasan. Setelah persiapan, mereka menuju al-Madinah hingga di dekat Jabal Uhud.

⚔Maka Nabi صلى الله عليه وسلم segera bermusyawarah dengan para sahabat dan mengerahkan sekitar 1000 pasukan, 300 orang diantaranya   melakukan pembelotan, lalu kabur bersama 'Abdullah bin Ubay. Sehingga pasukan kaum muslimin susut menjadi 700 orang saja.

🏹Nabi صلى الله عليه وسلم menunjuk sekitar 50 orang pemanah untuk membantu pertahanan dan penyerangan dari atas bukit al-'Ainain yang selanjutnya dikenal dengan nama Jabal Rumah (bukit para pemanah) dengan dipimpin oleh 'Abdullah bin Jubair al-Anshary. Beliau صلى الله عليه وسلم tegaskan kepada mereka untuk tidak meninggalkan tempat mereka hingga datang perintah dari beliau, baik kaum muslimin dalam keadaan menang maupun kalah.

🎯Maka ketika kemenangan berada di tangan kaum muslimin, ketika itu terjadi kesalahan dari pihak pasukan pemanah. Mereka turun dari bukit ikut mengumpulkan rampasan perang, yakni lebih mengikuti keinginan mereka dibandingkan perintah yang tegas tetap tinggal di atas bukit.

🗡Kemudian ketika mereka meninggalkan bukit, kaum musyrikin berputar haluan dan mengepung. Banyak yang mati syahid, dan Rasul صلى الله عليه وسلم pun terluka ketika kaum musyrikin berusaha membunuh Nabi tetapi dapat dihalau oleh para sahabat. Rasul akhirnya berhasil menduduki posisi lereng bukit dan merasa tenang.  Selanjutnya beliau beliau melakukan shalat Dzuhur dalam posisi duduk dan kaum muslimin pun ikut shalat dalam keadaan duduk.

📁Sumber :

📚Sirah Nabawiyyah hal 231-240
📚Sejarah al-Madinah al-Munawwarah hal 89-91

🖥http://akhawaatfillahpurwokerto.blogspot.com
📱bit.ly/akhawaatfillahpurwokerto

🍄Akhawaat Fillah Purwokerto🍄

Tidak ada komentar:

Posting Komentar