Selasa, 25 Oktober 2016

Suasana 'Idul Fitri di Makkah

🎈🎊🎈🎊🎈🎊🎈🎊🎈

بسم الله الرحمن الرحيم

🌴Suasana 'Iedul Fitri di Makkah Al Mukarramah🏡

📣 Sesaat setelah mendapat pengumuman dari pemerintah Kerajaan Saudi bahwa hari raya 'iedul fitri 1 Syawwal jatuh pada hari Jum'at terdengar suara takbir berkumandang dari masjid dekat rumah.

💐 Walaupun sebenarnya dianjurkan mengeraskan takbir di saat keluar rumah menuju shalat.Sebagaimana yang diriwayatkan dari Ibnu Umar رضي الله عنه bahwa beliau mengeraskan suara takbir di saat keluar dari rumahnya hingga datangnya imam.
(HR.Daruquthni,Ibnu Abi Syaibah,Al Faryabi, Al Baihaqi.Berkata Al Albani:sanadnya bagus.Lihat Irwa' Al Ghalil:3/122).

🏡 Keesokan harinya orang-orang pada mendatangi masjid untuk melaksanakan shalat 'ied.Kami belum pernah melihat orang-orang di Makkah melaksanakan shalat 'ied di tanah lapang.Kalaupun ada di halaman masjid itupun karena di masjid penuh maka jama'ah sampai di halaman masjid.Kami juga belum tahu kenapa mereka mulai meninggalkan sunnah Nabi صلى الله عليه و سلم ini.
Sebagaimana hadist shahih yang diriwayatkan dari Abu Said Al Khudri bahwa Rasulullah صلى الله عليه و سلم dahulu keluar menuju tanah lapang pada hari raya 'Iedul Fitri dan 'Iedul Adha.

🍭 Sebelum shalat 'ied dimulai ada beberapa anak kecil dan ibu-ibu yang membagikan bingkisan ke jama'ah anak kecil.

🍬 Bingkisan tersebut ada yang berupa makanan, permen ,dan uang.
Ketika khutbah juga ada lagi yang bagi-bagi bingkisan.Hal ini sesuai dengan nasehat Nabi صلىالله عليه و سلم ketika berkhutbah di hari raya mengingatkan kaum wanita secara khusus untuk banyak melakukan shadaqah, karena kebanyakan penghuni neraka adalah wanita.

🌿 Usai shalat 'ied di jalan sepi tidak terlihat orang-orang pada keluar untuk bersilaturahim meskipun sebenarnya silaturahim bisa kapan saja.

💦 Di saat sepi itulah jadi rindu tanah air dimana banyak saudara dan tamu yang berdatangan.Belum lagi dengan makanan khas "opor" dan kue lebaran....

🔖 Setelah dapat info dari teman baru tahu ternyata kalau orang asli Saudi yang bukan pendatang juga ada acara bersilaturahim ke saudara  dan makan-makan tapi malam hari.

🌃 Ya memang kalau di Saudi banyak yang melakukan akifitas di malam hari seperti bertamu, belanja dan bermain.Mungkin karena udara lebih mendukung ketika malam hari tidak begitu panas.

📝 Ditulis oleh : Ummu Fathii, Makkah Al Mukarramah, 6 Syawwal 1436 H// 22 Juli 2015 M

〰〰〰〰〰〰〰
🍄 Akhowat Fillah Purwokerto🍄

📠http://akhawaatfillahpurwokerto.blogspot.com
📱bit.ly/akhawaatfillahpurwokerto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar